Sabtu, 06 April 2013

Bahasa Indonesia



NASKAH DRAMA

HANTU GALAU

Tema       :         Drama Horor Komedi
Pemain    :           A.Rosbayanti Putri Tsalsabil sebagai Putri (Hantu)                                   (20)
                        Aisyah Ahmad sebagai Aisyah (Murid) & Wali Kelas                                   (21)
                        Nurlayla Permatasari sebagai Ila (Murid) & Hantu Senior                          (22)
                        Rika Dewi Indriani sebagai Dewi (Murid), Guru Seni & Penjaga Sekolah       (23)


Tersebutlah seorang anak gadis yang sangat urak-urakan, malas dan ceroboh. Ia tinggal di daerah perumahan yang elit. Ya, orangtuanya memang cukup berada. Namun satu tahun yang lalu, ia terbunuh ketika ia memasuki jenjang SMA oleh seseorang yang tidak diketahui hingga sekarang. Arwahnya pun menghantui setiap orang yang ada di sekolahnya. Terutama murid-murid tahun ajaran baru.

                     Ila               :  Sekarang kita udah jadi anak SMA yah?
                     Dewi           :  Iya, enggak kerasa ya. Perasaan kemarin masih putih biru.
                     Wali Kelas  :  Anak-anak, perkenalkan nama saya Aisyah Ahmad. Saya guru matematika dan wali kelas kalian. Nah, sekarang saya absen ya!
                     Rika Dewi Indriani.... Nurlayla Permatasari....
Hari itu adalah hari pertama tahun ajaran siswa siswi baru. Pak guru pun mengabsen setiap siswanya dengan teliti. Namun, ada satu siswi yang tidak mengacungkan tangan. Ia hanya terdiam, wajahnya pucat seperti kebanyakan pemutih, memakai masker.
                     Wali kelas  :  Hei, kamu, yang duduk paling belakang. Kamu belum mengacungkan tangan. Nama kamu siapa?
                     (siswi itupun kembali diam)
                     Wali kelas    :  kamu punya telinga tidak sih? Tidak sopan!
                     Putri          :  Nama saya Putri bu....
                     Wali kelas :  (ibu guru melihat ke daftar nama siswa) Lho nama kamu kok tidak ada di absen saya?
                     putri          :  Nama saya ada di....
Sebelum siswi itu melanjutkan pembicaraannya, bel istirahat langsung berbunyi. Semua siswa pun langsung keluar kelas, berkenalan, mengobrol dan lain-lain.
Ilaa             :  Eh, kalian ngerasa enggak sih, ada yang aneh di sekolah kita?
Dewi           :  Aneh gimana La?
Aisyah        :  Iyasih, gue juga ngerasa gitu. Dikelas tuh hawanya beda gitu.
Dewi           :  Beda gimana maksud lo? Ah, lo gak mandi pagi kali Syah. Jadi hawanya beda.
Aisyah        :  Enak aja lo. Gue mandi tau. Luluran juga malah.
                     Ila               :  Ih, bukan. Kalian tau kan murid baru yang namanya Putri itu? Dia tuh aneh banget. Masa dia gak mau nunjukin mukanya dia. Terus dia gak mau ngomong lagi.
Dewi           :  Mukanya terlalu cakep kali, jadi dia malu.
                     Aisyah        :  Muka cakep masa malu? Mungkin bibir nya abis operasi gagal di korea... minta ditebelin 2cm malah kebablasan jadi 5 cm. Wakakakak..
                     Ila               :  Hahahaa.. Syahh ,,, Syahh.., lo mah ada ada aja.
                     Dewi           :  Biasanya yah, tiap ada murid baru itu banyak..
                     Ila               :  Setan... hihihiiihihihii..
                     Aisyah        :   Ah, lebay lo La. Buktinya kita baik-baik aja kan!
Setelah bercakap-cakap dan beristirahat cukup lama, bel pun kembali berbunyi. Semua siswa masuk kembali ke kelas mereka untuk mengikuti pelajaran Pendidikan Seni.
                     Bu guru      :  Selamat pagi anak-anak. Perkenalkan nama saya Rika Dewi Indriani, saya guru Seni kalian. Baiklah, mari kita mulai pelajaran kita kali ini.
                     Siapa yang bisa menyanyi?
                     Ila               :  Saya bu, saya..
                     Ibu guru     : silahkan...
                     (maju ke depan kelas dan mulai bernyanyi) ekhm..ekhm..ekhm.. Balonku ada limaa..
                     Aisyah        :  Huuuuu.... turun turun turun..
                     Bu Guru     :  Usia kamu berapa Ila? Masa lagu anak TK gitu masih kamu nyanyiin? Udah sana duduk! Siapa lagi yang bisa menyanyi? Kali ini bukan lagu anak-anak ya!
                     Putri          :  (dengan suara horornya) Sayaaa Buuu..
                     Bu guru      :  Ya, silahkan maju ke depan. Rambut kamu bagus sekali. Nyalon dimana?
                     Putri         :  Ek√© nyalon di Mince boo.. kalau ye mau, telpon eke aja ya cyiin..
                     Bu guru      :  Eheheehe kok murid saya aneh gini ya? Yaudah kamu cepet nyanyi.
                     (Putri menyanyi lagu daerahnya)
                     Ila               :  Lagu apaan tuh? Kampungan!
                     Aisyah        :  Huuu.. turun turun
Tiba-tiba lampu di kelas mati, hujan dan halilintarpun datang dengan tiba-tiba. Ditambah lagi dengan suara aneh yang menakut-nakuti seluruh ruangan. Entah ada apa dengan hari itu. Tiba-tiba...
                     Penjaga      :  (membacakan sebuah mantra) sekarang sudah berhenti. Lain kali jangan buat ulah!
                     Aisyah        :  Lho.. bapak siapa?
                     Penjaga      :  Oh, ya, nama saya Pak Ujang. Saya penjaga sekolah ini. Lampu di sekolah ini memang suka begitu.
                     Ila               :  Terus petir sama hujan mendadaknya suka begitu juga?
                     Penjaga      :  Kalau itu mungkin hanya kebetulan.
                     Aisyah        :  Aneh.
                                                         ••• (sepulang sekolah)

                     Hantu Senior     :  Eh, anak baru ya?
                     Putri                    :  Iya, gue anak baru. Kenalin gue Putri mati dibunuh tapi sebelum gue mati gue sempet digigit sama kucing garong beracun alhasil gue jadi vampire kayak gini.
                     Hantu Senior     :  Gue Rima, hantu senior di sini. Gue mati ditabrak becak masuk ke got trus gue gak bisa napas sampai mati deh.
                     Putri                     :  Lho kok gentayangannya di sekolah?
                     Hantu Senior     :  Abisnya gue ga punya rumah men. Gue diusir dari rumah waktu masih jadi manusia. Kalo dikuburan pasti gue disuruh gendong si suster ngepot, nyisirin rambut Kuntilnanang sama potong kukunya Genderuwo. Gue cape men, kerja kaya pembantu gitu. Akhirnya gue mengundurkan diri dan memutuskan untuk solo karir.
                     Putri             :  Kaya Syahrini aja solo kerier? Itukan sesuatu bangettttt....
                     Hantu Senior     :  Kalo sendiri kan honornya lebih banyak. Gue waktu masih kerja di kuburan. Pernah bikin girlband, namaya The Galauers, muka gue juga gak jelek-jelek amat. Personilnya gue, kuntilanangashanty, sendal bodong sama Wewe gembel. Jadi gue ada pengalaman buat berkarier.
                     Putri           :  Hahahaa.., ternyata lo kece juga ya. Eh, gimana sih caranya nakut-nakutin orang yang ada di sini? Gue udah putus asa nih. Apa gue berhenti aja?
                     Hantu Senior     :  Eh, jangan berhenti. Gue ajarin lo buat jadi profesioanal.
                     Pertama, lo harus pasang muka lo yang nyeremin. Kedua, lo keluarin suara lo yang paling serem.

Hantu yang aneh. Mereka saling bercerita dan berbagi tips untuk menjadi hantu yang Profesional. Keesokan harinya disekolah putri, sang hantu langsung mengeluarkan jurus andalannya hasil berguru pada hantu Senior.
                     Dewi           :  Pagi, semua.. gimana tidur malamnya?
                     Aisyah        :  Gue gabisa tidur kepikiran yang kemaren.
                     Ila               :  Gue biasa aja tuh.
                     Dewi           :  Eh guys. Gue tau dari temen gue, katanya kalo lampu mendadak mati terus ada suara geledek sama hujan gitu berarti ada hantu.
                     Ila               :  So tau lo de..
                     Dewi           :  Bilang aja lo takut.
                     Aisyah         Yaudah kita tanya aja sama penjaga sekolah tentang kejadian kemarin. Apa ada hubungannya dengan hantu atau gimana..
                    
                                        Kemudian mereka bertemu dengan penjaga sekolah...

                     Ila               : pak gimana dengan kejadian kemarin? Apa sekolah ini horor?
                     Penjaga      : sebenarnya gini....  Satu tahun yang lalu, pernah terjadi pembunuhan di sekolah ini. Anak itu kalau tidak salah bernama putri dia anak orang kaya. Bapak sering melihat arwah putri gentayangan di sekolah ini.
                     Aisyah        :  Iiih.. ngeri banget. Pembunuhnya siapa Pak?
                     Penjaga      :  Tidak ada yang pernah tahu siapa pembunuhnya.
                     Ila               :  Kalau dibiarkan terus kita dalam bahaya nih.
                     Putri           :  hihihihihihihihiii... haaai semuanyaaa.. gue putri
                     Ila               :  Tuh kan dia datang. Kita harus gimana nih?
                     Putri           :  Gue mau tau siapa yang udah ngebunuh gue.
                     Aisyah        :  Yang pasti bukan gue.
                     Ila               :  Bu.. bu.. bukan gue juga.
                     Putri           :  Jangan-jangan Pak Ujang ya?
                     Penjaga      :  Lah, masa saya yang ditunduh. Enggak lah.
                     Ila               :  Pleasee jangan bunuh gue.. gue belom kawin.
                     Putri           :  Ih, ge er. Siapa juga yang mau ngebunuh lo.
                     Ila               :  Di film film kan suka ada adegan bunuh-bunuhan gitu..
                     Putri           :  Ah, filmnya aja yang lebay. Mana bisa hantu ngebunuh manusia. Yang ada cuma nambahin dosa aja.
                     Aisyah        :  Berarti lo gak bakalan bunuh kita semua kan?
                     Putri           :  Sebenernya gue Cuma pengen gangguin kalian guys. Gue galau menyendiri jadi hantu. Tapi gue putus asa, kenapa kalian gak takut sama gue.
                     Aisyah        :  Hantu ada galau nya juga ya.
                     Ila               :  Kita takut kok sama lo.. Cuma gak selebay yang di film aja. Hahahaa
                     Aisyah          :  Terus lo mau tetep gangguin orang?
                     Putri           :  Gue pengennya tobat. Tapi, himpitan ekonomi yang bikin gue jadi begini
                     Ila               :  Loh, lo kan orang kaya.
                     Putri           :  Bener . Tapi, itu dulu sebelum gue terjerumus ke lubang hitam.

                                        Tiba-tiba ibu guru datang..
                     Bu guru      :  Ha.. ha.. ha.. hantuuuu...
                     Aisya          :  Tenang bu, dia hantu galau. Gak berbahaya kok.
                     Putri           :  Dulu, gue sempet nyoba mangkal di PTB taukan pantai tak berombak. Tapi, gue gak dapet pelanggan satupun. Mereka keburu ngibrit duluan ngeliat gue. Alhasil jadilah gue miskin.
                     Ila               :  Kok bisa miskin?
                     Putri           :  Duitnya gue pake buat nyalon dan beli make-up.
                     Bu guru      :  Kenapa kamu bisa gentayangan?
                     Aisyah        : Pasti lo gentayangan karena nyariin siapa yang ngebunuh lo kan ?
                     Putri           : Sebenernya gua tuh udah nggak mikirin itu lagi !, gua tuh udah tau siapa yang ngebunuh gua, tapi gua tuh cuma kesepian aja guys. Sendiri menn, nggak ada yang nemenin gue..! sakiiit.., galau lagi gue ! hihihihi...
                     Aisyah        : Oh.., gitu yah.., kalo boleh tau, emangnya siapa yang ngebunuh lo itu ?
                     Putri           : Gue tuh di bunuh sama mantan pacar gue.. jadi gini loh ceritanya, gue mutusin dia, yaa, karena sesuatu hal, gak perlu tau yah guys. Dia tuh cinta mati banget sama gue, yaah.., karena gue mutusin dia mungkin dia gak terima, akhirnya dia ngebunuh gue deh.., gitu ceritanya..
                     Semua        : Oooohhhh..., giiiituuuu... Seberat apapun galau lo, lo harus bisa move on.

Akhirnya hantu galau itu, tidak kesepian lagi.., karena dia sudah di temani oleh Rima si hantu senior. Gosipnya siihh, mereka nyari hantu baru buat dipacarin.
Sementara itu, seluruh siswa di sekolah tidak pernah di ganggu oleh lampu yang sering mati nyala tiba-tiba, suara halilintar dan hujan yang datang secara tiba-tiba ataupun hal mistik yang dahulu sering terjadi.


S E L E S A I

Tidak ada komentar: